Rabu, 16 Juli 2014

Apa itu komputer

Apa itu komputer

Banyak orang kini telah menggunakan dan mempunyai Komputer, namun sebenarnya apa itu Komputer?. Apa pengertian sebenarnya dari Komputer ?. Menurut saya, Komputer adalah sekelompok atau serangkaian perangkat elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komponen yang saling terhubung dan bekerja sama. Pada zaman ini komputer digunakan untuk melakukan berbagai hal, seperti membuat tugas, memainkan game, serta hal lain yang dapat membantu manusia.

Untuk mewujudkan suatu Sistem yang dapat berfungsi, Komputer harus menyediakan 3 elemen utama yang harus ada untuk mewujudkan suatu sistem komputer yang berfungsi dengan baik. Ketiga elemen tersebut ialah Hardware ( Perangkat Keras ), Software ( Perangkat Lunak ), dan yang terakhir serta yang paling penting ialah Brainware ( Pengguna ). Sistem Komputer tidak akan terwujud bila salah satu elemen saja tidak ada, Berikut ini adalah pengertian dari Ketiga Elemen yang menyusun Sistem Komputer Tersebut :

Hardware adalah Perangkat yang bisa diraba dan dilihat secara langsung secara indra, yang memiliki dimensi panjang-lebar serta tinggi.
Software adalah Perangkat atau program yang telah dirancang sedemikian rupa oleh programernya agar dapat menjalankan perintah-perintah tertentu di dalam sistem operasi komputer .
Brainware adalah Pengguna atau user yang menjalankan komputer tersebut.


Jenis-Jenis Komputer


Berdasarkan Fungsinya di dalam Jaringan :


 


Komputer Client adalah Komputer yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Komputer Server
Komputer Server adalah Komputer yang mempunyai kemampuan untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh Komputer Client.
Komputer yang berfungsi ganda : Komputer yang dapat berfungsi ganda sekaligus, dapat berfungsi sebagai Client maupun server dalam suatu jaringan, Biasanya komputer ini ada di dalam jaringan Peer to Peer
Berdasarkan Fungsinya dalam kehidupan sehari-hari :



Personal Computer ( PC ) adalah Komputer pribadi yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk menjalankan proses komputerisasinya di rumah, karena PC ini tidak bisa dibawa kemana-mana karena ukuran perangkat-perangkatnya yang besar.
Notebook adalah PC atau komputer yang diperkecil namun masih memiliki spesifikasi yang mirip dengan Personal Computer namun ukuran perangkat-perangakatnya dibuat kecil. Walaupun ukurannya lebih kecil namun biasanya harganya lebih mahal

Netbook adalah Notebook yang dibuat lebih minimalis lagi, dengan mengurangi beberapa fungsinya seperti CD / DVD Drive, Processor, serta ukuran layar. Biasanya harganya lebih murah daripada Notebook karena spesifikasinya dikurangi.
Ultrabook adalah Netbook yang dibuat dengan ukuran yang sangat kecil dan tipis dengan tujuan agar membuat penggunanya nyaman dan agar desainnya terlihat sangat elegan.
Perkembangan komputer pada masa kini berkembang sangat cepat mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Kita akan sangat sulit memprediksi bagaimana pekembangan komputer tiga sampai 5 tahun lagi, mungkin akan ada komputer yang bodinya transparan. Who knows ? Semuanya mungkin dengan adanya teknologi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa itu komputer

0 komentar:

Posting Komentar